Cara Hemat Baterai Laptop / Notebook

 

cara-hemat-baterai-laptop

cara-hemat-baterai-laptop

Pernah merasakan kesalnya saat kita pergi membawa netbook/notbook yang daya yang tidak tahan lama/cepat habis. Apalagi pada saat-saat penting. Entah saat membuat tugas atau sekedar untuk main game. Untuk mengatasi masalah itu saya akan memberikan beberapa tips untuk menghemat battery netbook atau netbook

Tapi ingat, tips cara hemat baterai laptop hanya akan terasa manfaatnya jika battery notebook anda masih bagus dan dapat bertahan sampai berjam-jam. Tapi jika battery notebook anda sudah tua atau usang,atau bahkan consider. Tips ini tidak akan berefek sedikitpun pada notebook anda dan saya rekomendasikan untuk mengantinya dengan yang baru.

Untuk membantu memaksimalkan kinerja dari baterai notebook kita, penting untuk terlebih dahulu memahami bagaimana sebenarnya cara kerja baterai dan kemana saja listrik dialirkan. Dengan memahami hal tersebut kita akan dapat menentukan langkah apa saja yang harus dikerjakan guna menghemat baterai dari laptop yang kita miliki.

Kemana saja aliran listrik battery notebook kita mengalir ????????????
Jawabanya adalah……………………………………………………….

     Simak penjelasan dibawah ini hahaha..

—————————————————–
Baca Juga = Kursus Teknisi Laptop
—————————————————–

cara hemat baterai laptop

Microsoft telah menyusun diagram yang sangat bermanfaat untuk kita guna mengetahui kemana saja aliran listrik di notebook anda mengalir dalam blog windwows7 enginering-nya.(lihat diagram dibawah)

Pada diagram tersebut terlihat jelas bahwa layar LCD merupakan hardwere yang paling banyak memakan energi dari notebook. Dari diagram dibawah juga dapat membantu kita untuk memaksimalkan penggunaan battery notebook/netbook kita.

diagram-pemakaian-laptop

diagram-pemakaian-laptop

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk efisiensi daya netbook adalah menentukan dengan cermat konfigurasi penghematan baterai, kapan layar notebook anda akan mati secara otomatis apabila tidak digunakan (lihat diagram sekali lagi, layar LCD merupakan perangkat yang paling boros daya) dan pengaturan-pengaturan yang lain.

pengaturan-power-saver

pengaturan-power-saver

Selanjutnya, lakukan efisiensi dari perangkat lain seperti menentukan berapa lama hardisk drive akan berhenti setelah tidak ada transfer data, penghematan daya untuk Wi-Fi, processor, kartu grafis dan perangkat lainnya. Kita juga dapat menentukan kapan kipas dari notebook akan menyala, apakah tetap pada kondisi default (mengikuti kinerja operating system) atau sesuai dengan yang anda kehendaki (pada beberapa kondisi akan memperlambat kinerja dari notebook) yang tentunya akan lebih menghemat baterai dari notebook kita.

pengaturan-power-saver-laptop

pengaturan-power-saver-laptop

Sesuai dengan apa yang kita lihat pada diagram cara hemat baterai laptop, hal paling penting dari semua cara penghematan baterai, adalah dengan melakukan penghematan daya pada layar. kita dapat melakukan penghematan dengan mengendalikan cahaya yang keluar dari layar notebook dan meredupkannya seredup-redupnya sampai batas tertentu dimana kita masih dapat melihat layar notebook. Meskipun penting, hal ini tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki penglihatan yang kurang tajam karena dapat menyebabkab sakit pada mata. Jadi meskipun penting, jangan korbankan mata kita hanya untuk sebuah baterai notebook.

——————————————————————————————————
Baca Juga = Cara Memperbaiki Invalid Serial Number pada Laptop HP / Compaq
——————————————————————————————————

Lanjut dengan langkah selanjutnya, matikan beberapa device yang pada saat itu tidak digunakan tetapi masih aktif. Device yang mungkin tidak berguna seperti Wi-Fi, bluetooth, LAN card maupun device lain yang tidak diperlukan. Cobalah untuk menghindari pemakaian device eksternal seperi hardisk eksternal, flash disk atau perangkat USB lain karena beberapa dari device itu memang sangat menguras kinerja dari baterai notebook anda.

pengaturan-on-off-wireless

pengaturan-on-off-wireless

Menggunakan Aerofil sebagai cara hemat baterai laptop

Selain hardware, kadang software juga menjadi penyebab notebook kita tidak dapat bertahan lama saat dinyalakan. Terlebih lagi jika pada notebook anda banyak aplikasi yang berjalan di background (aplikasi yang tetap berjalan tetapi tidak terlihat pada layar) yang sebenarnya aplikasi tersebut tidak diperlukan. Bagi yang sudah terbiasa mengutak-atik system, kita dapat dengan mudah untuk mematikan aplikasi yang tidak berguna tersebut. Tetapi, bagi yang “blank” dan tidak terbiasa akan kebingungan bagaimana cara mematikan aplikasi tersebut. Hal ini dapat diatasi dengan cara menggunakan software Aerofoil yang dapat membantu anda untuk mengatasinya. Aerofoil adalah salah satu software gratis yang dapat membantu kita memanajemen aplikasi yang berjalan di notebook kita serta dapat membantu anda melakukan penghematan daya di notebook.

aero-glass-disable

aero-glass-disable

Menggunakan mode hibernate untuk langkah cara hemat baterai laptop

Satu langkah lagi yang perlu anda lakukan sebagai cara hemat baterai laptop, usahakan untuk menggunakan mode Hibernate jika notebook anda memang tidak digunakan. Mode hibernate memang tidak sepenuhnya mematikan notebook kita, tetapi ini menjadi pilihan yang baik apabila kita tidak menggunakan notebook tanpa harus mematikan aplikasi yang anda gunakan sebelumnya.

hibernate

hibernate

Sebagai langkah tambahan, kita perlu melakukan perawatan baterai notebook anda karena pada dasarnya semakin lama baterai notebook maka ketahanan daya dan kualitas baterai semakin menurun. Kita dapat melakukan perawatan dengan cara sebisa mungkin kita menggunakan notebook / netbook kita dengan kondisi terus di charger.meskipun battery sudah terisi full.karna battery akan cepat rusak atau consider karena proses charging.

Sekian tips cara hemat baterai laptop. Semoga dapat bermanfaat….. amin

 

Ditulis oleh: Kabul (FB: https://www.facebook.com/cah.x.putih)

Amanah Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>