Bagaimana cara service laptop overheating?

Overheating Adalah permasalahan yang sering terjadi pada komputer khususnya laptop yang disebabkan oleh tumpukan debu dan mengotori heatsink (pendingin/kipas) sehingga pembuangan udara panas yang seharusnya bisa keluar dan tergantikan oleh udara segar, tersendat oleh debu yang menumpuk di saluran pembuangan. Hal ini akan menyebabkan laptop cepat panas hingga mati total. Kenapa sampai mati total? Salah satu komponen motherboard laptop, yaitu chipset, merupakan komponen yang rentan terhadap panas berlebihan. Apabila chipset terkena panas berlebih dan diluar kemampuan chipset tersebut maka akan mengakibatkan rusaknya chipset.

Penggunaan laptop yang tidak tepat. Memang menggunakan laptop dengan cara berbaring di kasur berasa sangat nyaman, namun kasur merupakan dudukan laptop yang sangat buruk karena tidak rata dan tidak keras, sehingga ventilasi laptop tertutup oleh kasur. Hal ini menyebabkan panas tidak bisa keluar laptop dan tidak tergantikan dengan udara segar.
Memasukkan laptop yang masih menyala kedalam tas adalah sesuatu yang harus dihindari tanpa alasan apapun, lagi-lagi karena panas yang seharusnya dikeluarkan laptop tidak mengalir.
Menggunakan laptop dengan kinerja sangat tinggi seperti bermain game yang tampilannya sangat detail, render video, dan desain grafis. Pekerjaan seperti ini tidak seharusnya dengan menggunakan laptop, tetapi menggunakan PC yang ketahanannya jaaauuuhhh lebih kuat dibanding laptop.
Konfigurasi BIOS yang kurang tepat juga menjadi penyebab lain laptop overheating. Biasanya, terdapat settingan di BIOS yang berupa pengaman temperature laptop diabaikan/dinon aktifkan. Padahal settingan ini sangat berguna sebagai sensor panas berlebih pada laptop dimana akan mematikan laptop secara paksa saat terjadi overheating.
Umur Laptop yang sudah tua juga menjadi penyebab laptop overheating. Semua komponen elektronika mempunyai sifat seperti ini, semakin lama semakin melemah ketahanannya.
———————————————
———————————————

Kemudian ada juga penyebab lain seperti pasta/odol processor yang kering atau habis sehingga panas processor yang seharusnya disalurkan ke heatsink dan dibuang melalui fan processor, untuk mengurangi panas dari processor tersebut menjadi terhambat sehingga processor menjadi panas dan mati.

Lalu bagaimana cara mencegah atau cara mengatasi overheating laptop (cara service laptop overheating).

Silahkan Simak tips cara service laptop overheating berikut ini:

1. Buka case laptop hingga terlihat fan heatsink. Hati-hati saat membuka case dan perhatikan dengan seksama karena baut yang digunakan sebuah laptop sangat banyak dan bervariasi ukurannya. Catat dan kumpulkan baut tersebut sesuai dengan areanya.

membuka-casing-laptop

membuka-casing-laptop

2. Buka baut heatsink sehingga terlihat processornya.

membuka-fan-processor

membuka-fan-processor

3. Bongkar fan processor dengan cara melepas baut berukuran sangat kecil di sekeliling fan tersebut. (service laptop overheating)

——————————————————-
Amanah Komputer, Kursus Teknisi Laptop
——————————————————-

cara-service-laptop-overheating

cara-service-laptop-overheating

4. Bersihkan fan processor sehingga tidak terlihat debu sedikitpun. Cara membersihkan bisa memakai kuas cat. Jika sudah selesai, rakit kembali fan processor tersebut.

membersihkan-fan-processor

membersihkan-fan-processor

5. Berikan pasta khusus untuk processor di atas core processor (logam putih di atas processor).

mengoles-pasta-processor

mengoles-pasta-processor

6. Berikan karet pendingin khusus untuk chipset.

7. Selesai. Silahkan rakit kembali laptop seperti sedia kala, nyalakan dan lihat hasilnya. Laptop kembali adem dan suegerrr.

merakit-kembali-laptop

merakit-kembali-laptop

Demikian langkah-langkah cara service laptop overheating.

 

Ditulis oleh:
Umam & Alif (SMK Nusantara Comal).

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>